Flashback di Merapi

17 Desember 2016

Akhirnya setelah sekian lama gak main-main ke gunung akhirnya dapet juga ajakan ke gunung merapi. Sebenernya agak ragu juga karna kelompok buat naiknya juga slow respon banget-_- yaaa akhirnya pada hari H cuma 4 orang yang bisa ikut, bahkan yang ngajak pun ga ikut wkwkwk. estimasi orang yang ikut 7 orang dan kami udah mempersiapkan logistik termasuk tenda dan itu semua jadi sia-sia(cuma ngeberatin aja hahaha). Show must go on, cus ke basecamp merapi dan sampai kira-kira jam 11 pagi. Fyi biaya pendaftaran disana 16.000/orang dan parkir 5000/motor. Setelah registrasi dan makan siang kami memutuskan untuk mulai mendaki.

Skip skip

Sampek juga di tempat yang datar yang muatlah 2 tenda tepatnya di antara pos 2 dan pasar bubrah. mungkin itu juga batas vegetasi tumbuhan karena makin ke atas tinggal pasir dan batu-batu doang. Langsung deh kami mendirikan tenda, ga lama kemudian BYUUUUR diguyur ujan. Panik panik dah lo wkwk tenda baru setengah jadi. langsung gercep 2 orang masuk-masukin barang. 2 orang pake ponco beresin tenda sama masang flysheet(anginnya kenceng luar biasa seharian itu). Beres deh tinggal santai-santai quality time bersama teman-teman ahaahaha.

Pagi harinya kabut tak kunjung sirna, saat itu pukul 5 pagi saya pergi keluar tenda duduk-duduk santai di batu dekat tenda sambil menikmati dingin yang selama ini kunanti. Seketika banyak memori-memori pendakian yang selama ini kualami. Sejenak terpikir kenapa bisa suka sama yang melelahkan gini ya, belum tentu apa yang diharapkan itu ada tapi tetep dilakuin. Disitu saya memutuskan untuk tidak ke puncak kalo cuaca tetep berkabut dan angin kencang.

Namun, cuaca membaik menjelang pukul 7. kabut menipis dan angin mulai tenang. kami makan mie dan roti sebagai asupan energi dan membawa perbekalan secukupnya untuk pendakian ke puncak. Disini saya kembali teringat saat pendakian sumbing sama fadli iren intan. pas itu kami juga cuman berempat tapi seru banget!! ya mungkin lagi kangen-kangennya main sama temen-temen SMA. gatau lagi kapan bisa main bareng sama mereka-mereka. gaperlu naik gunung atau menyisi pantai. cukup ngopi bareng di warung pinggir jalan juga cukup, berbagi perjalanan hidup, berbagi semangat, menikmati waktu yang sedikit. Ya walaupun agak susah juga buat ngumpul hahahaa. yaudahlah. Lanjut jalan ke puncak dengan medan berpasir(saran sih pake sepatu tracking+gaiter). Oiya jalur ke puncak ternyata ada 2. yang kanan dan kiri, lebih baik ambil kiri(jalur berpasir tapi lebih enak untuk dipijak). kami lewat jalur kanan yang lebih terjal dan jalur belum jelas.  Truss sampe puncak duduk-duduk ngelamun liatin orang foto-foto, nulis-nulis di kertas, liatin orang-orang di bawah yang masih berjuang untuk sampe puncak. Flashback lagi di perjalanan puncak pertama kali bareng sr26, malem-malem ga kebagian camp di kandang badak dan akhirnya lanjut jalan malem-malem ke mandalawangi. Inget banget gimana capeknya naik gunung bawa-bawa carrier berat(masih belom tau apa-apa) hahha sempat kepikiran gamau lagi naik gunung. Abis poto-poto cus turun. turunnya lewat jalur satunya enak banget sama persis kaya jalur semeru dan rinjani cuma lebih pendek aja jalurnya. yuhuuuuu selancaran, inget lagi di rinjani wkwkwk abis selancaran malah nongkrong di jalur, mana panas banget lagi ahhahaha. pokoknya penuh flashbacklah pendakian kali ini.

skip-skip

Di camp abisin logistik beberes trus turun gunung. nyampe bawah jam 6 lanjut ke jogja motoring. Nyampe jogja langsun dapet info kalo survey buat Diksar jadi malam ini. BUseetdah wkwkwk tapi gapapa deh udah lama ga capek-capekan sih keseringan males-malesan di kos cuma di depan layar laptop ngerjain tugas atau dengerin musik sambil tiduran. udah lama otot-otot ini gak kerja keras wkwkwkkw. malam jam 11 langsung cus tlogo dlingo di kaki gunung lawu. jalannya asoooy kabut semua jarak pandang paling semeter. seru abis dah!!! Paginya langsung survey! nyoy karna saya bagian divisi hutan gunung, saya dna tim langsung buka jalur untuk melakukan navdar dan survival, capeknya belom kerasa sih wkwk.. setelah itu saya balik dukuan karna besoknya ada urusan di kampus. Sekarang baru deh lumayan kerasa nih nyut-nyutan di betis.

skip-skip

Besok kembali ke BOGOR!! Ga sabar ketemu kalian, sahabatku.

Selasa, 20 Desember 2016 20.09

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s